MATERI LATIHAN SEPAK BOLA

Rabu, 31 Juli 2013

PUSLAT ASEKAMA

TELAH DIBUKA PENDAFTARAN PUSLAT SEPAKBOLA ASEKAMA - MAGELANG

"pendaftaran dibuka sewaktu - waktu"



Kami dari Asosiasi Sekolah Sepakbola Kabupaten Magelang memberikan kesempatan bagi remaja usia 11 s.d 17 tahun yang bersungguh - sungguh ingin mengikuti program latihan sepakbola secara intensif, dengan orientasi untuk dipersiapkan menjadi pemain sepakbola profesional yang berkualitas dan berintegritas.

Setiap peserta baik yang dari daerah maupun luar daerah akan diasramakan atau tinggal bersama pelatih yang ditunjuk, dengan tujuan untuk memantau perkembangan shingga mengoptimalkan sesi latihan dan untuk membentuk karakter unggul seperti apa yang diharapkan bersama.

Adapun persyaratannya sebagai berikut :

1. Harus bersedia diasramakan, dan mengikuti segala peraturan yang berlaku.
2. Bersedia pindah sekolah yang telah ditunjuk pengasuh puslat.
3. Sehat jasmani dan rohani, tidak harus mahir sepakbola, 
4. Akan diadakan tes fisik sebelumnya
5. Iuran latihan Rp 150.000 / bulan

Administrasi lain ( disesuaikan ) :
1. Uang pangkal pendaftaran : Rp 1.500.000,- ( sudah termasuk ; pengurusan administrasi perpindahan dan perwalian, sumbangan pembangunan, kaos selagam latiahan 3 buah, jaket, rompi, bola, dan buku latihan )
2. Asrama dan uang makan : disesuaikan kurang lebih Rp 500.000,- / bulan, tergantung dengan kesepakatan dari pengurus asrama / pelatih yang ditempati.

Manfaat dan fasilitas :
1. Pembinaan dan pemantauan 24 jam/hari dari pengawas dan pelatih yang bertanggung jawab.
2. Masa percobaan 3 bulan, jika tidak ada kemajuan dalam latihan peserta dapat mengundurkan diri dan iuran latihan selama 3 bulan akan dikembalikan.
3. Bimbingan belajar selama diasrama.
4. Target sebelum usia 20 tahun, peserta sudah dapat bergabung dengan klub amatir maupun profesional, minimal dapat magang di klub yang memiliki kerjasama dengan ASEKAMA.

Bagi yang berminat silahkan untuk menanyakan penjelasan lebih lanjut di nomer :

081903872413 , 0293 - 327069

atau kirim aplikasinya disini


  
   

Minggu, 28 Juli 2013

Tips bermain Sepakbola

latihan sepakbola

25 KUCI SUKSES PEMAIN SEPAKBOLA MUDA

25 key messages for young soccer players
footy4kid.com

1. Selalu bermain secara fair, sesuai dengan semangat dan garis besar aturan.

2. Tetap tenang dalam kondisi yang sulit. akan dapat menyelesaikan hal hal dengan mudah dengan ketenangan, kalian bukanlah atlet sesungguhnya tetaplah berorientasi kedepan dan selalu mensikapi kegagalan sebagai ujian.

3. Dukung dan mendorong rekan satu tim kamu setiap saat. Setiap dari kita pernah membuat kesalahan dan saat ini mereka tidak melakukan dengan sengaja. Dorong rekan tim kamu untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa.

4. Bermain sekeras Kamu bisa dalam latihan dan dalam permainan. Jangan pernah kalah dikarenakan kurangnya usaha.Bahkan jika lawan lebih besar atau lebih terampil daripada Kamu, akan tetap dapat dikalahkan jika Kamu dobrak mereka.

5. Tunjukkan rasa hormat kepada pelatih Kamu, wasit, dan lawan Kamu, menang atau kalah.

6. Seorang pemain sepak bola yang baik harus memiliki kondisi fisik baik, ketrampilan dan pengetahuan taktis. Seorang pemain harus bekerja pada ketiganya untuk menjadi yang terbaik.

7.Ketika tim Kamu menguasai bola, semua orang menjadi penyerang, ketika lawan menguasai bola semua menjadi pemain bertahan.

8. Tidak peduli apa posisi Kamu, Kamu adalah pemain sepak bola dan Kamu harus dapat menerima, menembak, mengoper, menggiring bola, heading, membuat ruang,dll, terlepas dari apa posisi Kamu.

9. Jangan asal"menendang" bola kecuali dalam posisi berbahaya yaitu depan gawang Kamu sendiri. Selalu mengambil "gambaran" dari situasi sebelum kamu mendapatkan bola. Dengan cara ini kamu dapat melihat situasi, menentukan solusi terbaik, dan bertindak secara benar ketika bola tiba. Kembangkan Visi bermain .Selalu mengirimbola ke daerah atau seseorang.

10. Selalu pertahankan posisi kamu. Jangan berlari sekedar untuk mengikuti pergerakan bola.Tahu di mana Kamu berada di lapangan dalam kaitannya dengan mana para kawan, mana lawan serta situasi lain didalam lapangan. (hiraukan apa yang ada di luar lapangan)

11. Jangan lari kedepan ketika tim Kamu menguasai bola kecuali Kamu bersedia untuk lari kebelakang kembali ketika tim lawan menguasai bola.

12. Jika kamu membawa bola dan kehilangan, kamu harus menjadi orang pertama yang bertahan. lakukan pengejaran langsung adalah aturan pertahanan pertama.

13. Ketika berubah dari serangan ke pertahanan, segera berlari untuk menempatkan diri antara bola dan objek yang kamu pertahankan.

14. Ketika permain bertahan di dekat  gawang kamu, pemain yang paling dekat dengan bola harus menyerbu bola. Para defender lain  "memarking" lawan yang bisa menerima dan menembakan bola. Dalam "memarking" lawan, Kamu dapat memposisikan diri antara bola dan lawan dan mencegah mereka dari menerima bola. Sebuah kesalahan umum tentang pertahanan adalah terlalu banyak defender menuju ke arah bola meninggalkan lawan yang terbuka hingga dapat menerima umpan dan mencetak gol.

15. Saat di daerah pertahanan, selalu arahkan bola ke arah garis tepi dan jauh dari tengah lapangan. dan ketika di daerah serang selalu arahkan bola ke tengah, di mana rekan tim kamu sudah mengambil gambaran pada target. Ini adalah "centering" bola.

16. Pengolahan bola yang baik adalah mengoper bola sebelum kamu mendapat kesulitan bukan setelah mereka berada dalam kesulitan.

17. Jangan pernah menendang bola dengan lemah pada saat membuang bola, mengoper atau menembak, usahakan agar bola selalu berpindah. Teknik yang tepat pada saat menendang bola yang baik  akan memungkinkan  dapat secara efektif memindahkan bola dengan jarak yang baik.

18. Kenali gambaran diri kamu! yaitu segala kesempatan yang kamu miliki, Jangan ragu untuk melakukan tembakan jika kamu merasa ada kesempatan. Menembak ke arah belakang jaring ( bukan ke dalam jaring ) Tembak dimana kiper luang.

19. Jangan batasi diri kamu untuk menembak hanya saat dekat garis gawang. Peluang yang baik untuk mencetak gol adalah tembakan keras yang diambil lebih jauh dari gawang. jaga kepala Kamu tetap ke bawah, tendang dan tindak-lanjuti bola.

20. Kebanyakan pemain pengguna kaki kanan. Pada tingkat ini, ketika  bertahan terhadap lawan dengan bola, perhatikan dan serang kaki kanan lawan.

21. Ketika bermain menyerang dengan menguasi bola, jangan sampai defender menyerang kaki kanan kamu. Gunakan kaki kiri Kamu. Sangat penting agar kamu selau mengembangkan passing, dribbling, dan keterampilan menembak dengan kedua kaki (kiri dan kanan). 

22. Selalu waspada untuk menjaga penguasan bola.( ball posesion ) lewati lawan dengan menendang bola langsung kepelindung tulang kering dari bek di depan Kamu. gerak fienting,  dorong bola menyamping atau bahkan mundur bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mempertahankan penguasaan bola.

23. Ketika saat menyerang selalu "dukung" tim kamu. Mendukung tim kamu berarti berada di posisi di mana mereka bisa mengoper bola kepada kamu. Berdirilah cukup dekat sehingga mereka dapat membuat passing yang baik. Jika kamu berdiri terlalu jauh untuk membuat passing yang baik untuk rekan tim kamu,maka kamu terlalu jauh untuk tim tim untuk membuat passing baik untuk kamu, dan kamu tidak mendukung.

24.Menang, kalah atau imbang, jika kamu telah memberikan 100%, ketika kamu berjalan di luar lapangan kamu tidak menyesal dan tidak ada alasan untuk malu.

25. Jangan takutuntuk menjadi pahlawan. ANDA BISA MELAKUKANNYA!

Selasa, 23 Juli 2013

Pelatih Berlisensi

Syarat-syarat setiap lisensi

Lisensi D:
Semua calon pelatih harus memiliki lisensi D, karena merupakan tingkat paling dasar agar bisa ke lisensi yang   lebih tinggi
-Usia minimal 18 tahun
-Memilki ijasah SMA
-Bisa bermain sepak bola
-Waktu kursus 5-14 hari, biasanya dilaksanakan pengurus daerah
-Hanya bisa melatih tim amatir/menjadi asisten pelatih (bisa di klub profesional)



Lisensi C:

-Memiliki sertifikat lisensi D yang masih aktif selama 2 tahun
-Usia minimal 21 tahun
-Memilki ijasah SMA
-Bisa bermain sepak bola
-Waktu kursus 14 hari, diadakan oleh pengprov di level nasional
  Konfederasi (AFC/UEFA) sudah mengadakan kursus di level ini
-Di level ini bisa melatih klub DIVISI 1/menjadi asisten pelatih (bisa di klub profesional)

Lisensi B:

-Memiliki sertifikat lisensi C yang masih aktif selama 2 tahun
-Usia minimal 21 tahun
-Memilki ijasah SMA
-Bisa bermain sepak bola
-Waktu kursus 14 hari, diadakan oleh PSSI Pusat
- -Di level ini bisa melatih klub DIVISI UTAMA/menjadi asisten pelatih (bisa di klub profesional)

Lisensi A:

-Memiliki sertifikat lisensi B yang masih aktif selama 2 tahun
-Usia minimal 21 tahun
-Memilki ijasah SMA
-Bisa bermain sepak bola
Di level ini, pelatih sudah bisa melatih klub Profesional (baik di Liga Indonesia/divisi utama). Jika klubnya tampil di kompetisi / kejuaraan internasional, pelatih dengan Lisensi A nasional tidak boleh mendampingi klubnya, karena harus memiliki Lisensi  A AFC.

Contoh sertifikat Pelatih lisensi PSSI